Wednesday, May 15, 2013

apa hukumnya jika seorang suami menghisap asi istrinya sendiri apakah nikahnya akan jatuh?

Q.

A. Berdasarkan dalil Al-Quran dan hadits ini, para 'ulama Ahlus Sunnah Wal Jama'ah memastikan bahwa menyusui menimbulkan hubungan mahram hanya jika dilakukan pada usia dua tahun pertama.

Setelah memahami hal yang paling mendasar ini, kita lihat tentang suami yang meminum air susu istrinya, berdasarkan laporan beberapa sahabat.

Abdul Razzaq dalam kitabnya Al-Mushannaf meriwayatkan dari Abu Atiyah Al Waadi'i yang berkata:

"Seorang pria mendatangi Ibnu Mas'ud rodhiyallahu anhu dan berkata: 'Aku bersama istriku yang air susunya sedang penuh. Aku menghisapnya dan kemudian memuntahkannya...' .... Lalu Ibnu Mas'ud berdiri, memegang tangan pria itu dan berkata: 'Apa menurutmu ini adalah seorang bayi? (yang dimaksud) menyusui adalah yang menambah daging dan darah.' ..."

Abdullah bin Umar rodhiyallahu anhu berkata: "Tidak ada (dampak) menyusui kecuali bagi yang disusui ketika bayi, tidak ada (dampak) menyusui bagi orang dewasa." [Al-Muwatta Imam Maalik dengan sanah sahih]

Dalam Al-Muwatta juga diriwayatkan kisah shahih tentang seorang wanita yang sengaja menyusui budak perempuannya dengan niatan agar perempuan itu menjadi mahram bagi suaminya. Umar bin Khaththab rodhiyallahu anhu membantah dan menjelaskan bahwa tindakan wanita tersebut salah dan tidak menjadikan perempuan yang disusuinya mahram bagi suaminya.

Berdasarkan riwayat-riwayat di atas, ulama besar zaman ini, Syaikh Ibnu Salih Al-Utsaimin rahimahullah menjawab pertanyaan anda:

"Menyusui seorang dewasa tidak menimbulkan dampak apapun, karena menyusui yang menimbulkan dampak (hubungan mahram) adalah yang mengenyangkan dalam jangka waktu dua tahun pertama sebelum usia sapih. Maka dengan berdasar dalil ini, jika terjadi seorang pria menyusu kepada istrinya ataupun meminum air susunya, pria itu tidak menjadi anaknya." [Fataawa Islamiyah, 338]

hai aq baru disini,,?
Q. aq mau tanya,,
klo orang hamil tu kan nggak menstruasi,,
nah itu cuma diawal kehamilan apa selama 9bln itu tidak menstruasi?

mksih,,

A. Selama hamil tidak akan mens, trus kalo kamu menyusui juga tidak akan mens. Makanya menyusui bisa dikategorikan sebagai KB alami.
Hal ini terjadi karena selama hamil hormon estrogen yang tadinya berperan dalam menstruasi, sekarang berperan "menjaga janin" (lebih ke rahim, saya ga tau gimana menjelaskannya, maaf).
Dan ketika kamu menyusui, hormon estrogen membantu membentuk kelenjar air susu (prolaktin), so insya Allah ga akan mens.
Setelah kamu benar-benar berhenti menyusui, hormon kamu akan menyesuaikan diri lagi dan nantinya akan mens teratur lagi.

Jika kamu tidak menyusui, maka setelah melahirkan bisa jadi kamu akan mens teratur lagi.

Aku punya putri sekarang 14 bln, dan sampai sekarang aku masih menyusui. Sampai saat ini aku belum mens.. So. mens atau tidak tergantung masing2 individu dan tergantung aktivitasnya masing2.

bagaimana ciri-ciri hamster yang sedang hamil? dan bagaimana cara merawat hemster yang sedang hamil?
Q.

A. Ciri2 hamster hamil :
1. keluar sedikit darah dari alat kelamin
2. puting susu terlihat jelas, semua hewan menyusui juga sama.
3. bentuk tubuh seperti buah pir, dan perut gendut ke depan (berbeda dengan hamster gemuk yang gendutnya ke samping)
4. lebih banyak makan dan minum.
5. lebih agresif dan galak.
6. suka menggigit, dia suka menggigit pejantan kalau sedang hamil, ya itu dia sedang tidak suka dengan pejantan. jadi sebaiknya pisahkan hamster betina dari hamster jantan klo hamsternya jadi galak saat hamil n suka nyerang yg jantan.
7.kalau ditekan perutnya (jangan terlalu kuat) akan terasa benjolan. Pada umumnya masa hamil hamster itu 20 hari doank kok...

selain itu hamster betina memberikan tanda-tanda seperti suka menyimpan banyak makanan di lehernya, kemudian mengumpulkannya di satu tempat dipojok kandang dan menutupnya dengan alas kandangnya. Hamster betina akan membangun sarang dengan mengumpulkan alas kandang ke salah satu sisi kandang dan membuat lubang ditengah gundukan sarang tersebut untuk tempat meletakkan anak-anaknya kelak. Dan bila hamster betina mengandung lebih dari 5 ekor anak, biasanya anda akan melihat perbedaan perutnya yang sangat tidak lazim karena buncitnya.
______________________________________â¦
agar hamster yg hamil mendapat nutrisi yg memadai, berikan makanan yg lebih banyak dari biasanya. lebih baik berikan makanan merk Vitakraft. walopun harganya lebih mahal dr merek lain, tapi kandungan gizi dalam Vitakraft itu lebih baik drpd merek yg lain n itu sangat bagus bwt hamster yg lagi hamil/menyusui. selain memberikan makanan biji-bijian, berikan makanan lain yang mengandung gizi yang cukup seperti :
- susu strawberry jelly (susu jelly bwt hamster)
- putih telur yang direbus dan dipotong kecil-kecil (telur rebus baik untuk ibu hamster yang sedang hamil dan anak-anak yang masih muda. Tetapi bagaimanapun juga, telur harus diberikan sekali-sekali. Telur yang tidak dimakan dalam waktu 24 jam setelah diberikan. harus disingkirkan dari kandang agar telur tidak membusuk di kandang)
- Ulat sutra (PERHATIAN : kalo hamster pernah dan rutin dikasi ini, bole dikasih saat melahirkan, tapi kalau tidak pernah dan mau dikasih, lebih baik jangan, karena belom terbiasa, takutnya induk menganggap ini sebagai ancaman)
- daun katuk (bisa menambah jumlah ASI yg dihasilkan induk)

klo pelet ikan sebaiknya berikan sedikit aja atau lebih baik jangan diberikan pada induk yg sedang hamil/menyusui. walopun banyak mengandung protein, tapi pelet ikan dapat merangsang libido hamster, sehingga jadi galak bila terus-terusan dikasih.......
jadi sebagai pengganti protein, pakai telur rebus aja :)
__________________________________________________________________________________________________________________
lalu sebaiknya hamster yg hamil ditaruh di akuarium saja daripada kandang jeruji. mainannya lebih baik dikeluarkan aja dr kandang soalnya klo mainannya tetep di kandang, takutnya ntar klo bayi hamsternya udah lahir n masih dalam masa2 menyusu sama induknya, trus tiba2 si induk main wheel padahal anaknya masih gelantungan/nyusu ke induknya, nah ntar anaknya malah kegencet induknya atau kena putaran wheel saat induknya lagi main wheel. begitu juga kenapa disarankan ga pake kandang jeruji soalnya untuk meminimalisir risiko anaknya terluka/kurang ASI dr induknya karena induknya polah ke mana2 (panjat2 jeruji, main wheel).......

tapi itu tergantung hamsternya juga. biasanya klo hamster hamil kan jadi galak/agresif. klo pas hamil dia masih suka mainin wheelnya mending jangan diambil dulu wheelnya soalnya ada juga hamsternya jadi stress karena mainannya dikeluarin dari kandangnya. baru setelah hamil tua n mau melahirkan, kmu bisa ambil semua mainannya biar dia bisa fokus untuk ngerawat bayi2nya :)




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment